Senin, 24 Oktober 2011

DIGITAL PRINTING

kalau kita berbicara soal digital printing, kayanya udah banyak banget deh blog atau web yang ngebahas soal ini mulai dari A sampai Z. Dari bahan dasar sampai bahan ga dasar. Dari yang manual sampai yang digital tentunya.

Zaman dahulu kala....jiaaahh apa coba......para pemain sablon masih berkutat di sablon manual aja, mulai dari nyiapin screen, bikin film sampai ngewarnainnya semua serba manual. Yang ga manual cuma ngejemurnya, karena pake tenaga matahari......:D

nah...pada masa itu para pekerja sablon benar-benar dituntut kemampuannya sebagai penyablon yang mumpuni.


Tapi semenjak era digital melanda negeri persablonan, semua orang yang ingin dan mampu untuk membuat design yang ciamik dapat menjadi penyablon profesional.


Kenapa tidak, di era digital ini semua serba ada. mau nyetak kaos dengan design sendiri ada mesin hotpress dengan kelengkapannya seperti kertas transparan yang khusus buat memindahkan gambar kalian ke atas kaos, tentunya dengan tinta khusus seperti tinta sublim yang tinggal di suntikkan ke dalam mesin printer (sebaiknya sih printer udah di infus) lalu print deh hasil designmu.
Mau yang lebih simpel....?? udah ada mesin DTG (direct to garment) yang langsung ngeprint gambarmu di atas kaos.




Mau cetak gambarmu di atas gelas, mug, piring, mangkok, asbak atau bahan keramik lainnya udah ada mesin yang siap melayani keinginanmu.
Tentu saja ada uang ada barang......kalian kudu ngerogoh kocek rada dalem tuh buat beli perlengkapan-perlengkapan digital printing itu. Atau kalau ga mau ngerogoh terlalu dalam kalian bisa nyari mesin-mesin yang seken yang saat ini cukup banyak ditawarkan di internet.
Itu juga dengan catatan kalau kalian memang mau sekalian terjun dan berbisnis di bidang sablon lho.......


Jika ditilik, peluang usaha dalam bidang ini persaingannya cukup sengit namun bila Anda berjiwa seni tinggi dan mampu menawarkan desain yang terbaik, serta tak lupa berpromosi dengan gencar, mungkin saja produk Anda akan laris manis terjual.
Paling utama, bisnis ini membutuhkan kreatifitas tinggi dan kemampuan mengolah desain grafis, paling minimal anda menguasai Photoshop. Ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu penggunaan photoshop atau aplikasi edit foto lainnya untuk keperluan desain.

Memang faktor utama untuk terjun ke dunia ini adalah kreatifitas dan sedikit berjiwa seni. kenapa sedikit.....?? karena dengan kreatifitas yang digabungkan dengan rasa seni, kita udah dapat menghasilkan satu design yang tidak dimiliki orang lain.
Tinggal cara promosinya deh yang kudu mumpuni agar produk dan design kita dikenal orang.

peserta pelatihan sablon digital Jakarta Utara



Apa yang membedakan sablon digital dengan sablon biasa? Pada sablon biasa, kebayang dong harga pemesanan 50 buah kaus dengan 50 gambar yang berbeda.....Harganya pasti sangat mahal, karena masing-masing gambar membutuhkan screen sablon terpisah. Nah.....kalo buat sablon digital, itu urusan sepele deh......


Selamat berkarya....!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar